Senin, 18 Maret 2013

Beternak Ayam Cemani

Ternak Ayam Cemani


Salah satu sumberdaya genetik ternak lokal di Indonesia adalah ayam lokal baik yang asli dari Indonesia maupun yang berasal dari luar negeri yang telah beradaptasi di Indonesia selama beberapa generasi. Ayam lokal lebih mudah dipelihara dan rentan terhadap penyakit jika dibandingkan dengan ayam ras luar negeri. Sebagian besar ayam lokal Indonesia dipelihara dengan sistem tradisional secara ekstensif sehingga ayam-ayam tersebut bebas berkeliaran mencari makan dan tidur dimanapun mereka suka seperti di pohon, lembah dan di setiap pinggir rumah penduduk.

Ayam Cemani merupakan ayam lokal Indonesia yang berasal dari daerah Kedu Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Ayam cemani mempunyai potensi serta nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam lokal lainnya. Pangsa pasar ayam cemani tidak hanya terbatas pada pasar lokal/nasional tetapi juga dapat dikembangkan ke pasar internasional (ekspor).

Ayam cemani termasuk ayam yang produktif dengan produksi telur yang cukup tinggi yaitu kurang lebih 215 butir/ekor/tahun. Cara pemeliharaan ayam cemani tidak berbeda dengan budidaya ayam kampung lainnya. Ayam cemani jantan dewasa bisa mencapai berat 3.5 – 5.5 kg dan betina dewasa 2.5 – 3.5 kg. Ayam cemani betina mulai bertelur pada umur 6 – 7 bulan dengan berat telur rata-rata 40 – 50 gram per butir.

Secara teknis pemeliharaan ayam cemani tidak terlalu menuntut penggunaan teknologi yang modern. Ayam cemani memiliki kemampuan yang baik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan lebih tahan terhadap penyakit. Pemberian pakan mudah dan dapat memanfaatkan sisa-sisa hasil pertanian ataupun sisa-sisa rumah tangga.

Pemberian pakan ayam cemani harus disesuaikan dengan umur atau periode pertumbuhan. Pada ayam cemani ada tiga tahapan dalam pemberian pakan, yaitu periode untuk anak ayam umur 0 - 3 bulan membutuhkan pakan 10 - 50 gram makanan/ekor/hari, periode dara umur 3-5 bulan membutuhkan pakan 60 - 70 gram makanan/ekor/hari dan periode dewasa umur lebih dari 5 bulan membutuhkan makanan 80 - 90 gram/ekor/hari.

1 komentar:

  1. chicken breeds in your hand, I want to buy hatching eggs.

    Can you help?

    tragmator34@hotmail.com

    BalasHapus